Forum Diskusi Terbuka dan Bebas
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Forum Diskusi Terbuka dan Bebas


 
IndeksPortalLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Harga mesin sabut kelapa murah. Hubungi 0821-2004-3885
Tentang Busi I_icon_minitimeMon May 28, 2018 4:01 pm by riyadiyo

» Info haji kabupaten bandung. Haji plus non kuota tanpa antrian menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Tentang Busi I_icon_minitimeFri May 11, 2018 2:00 pm by riyadiyo

» Info keberangkatan calon haji 2019. Haji plus haji khusus tanpa antri dengan visa furodamenggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Tentang Busi I_icon_minitimeFri May 11, 2018 1:55 pm by riyadiyo

» Tengkulak daftar madu curah bandung murah. WA : 0818-0986-7604.
Tentang Busi I_icon_minitimeThu May 10, 2018 10:26 am by riyadiyo

» Info haji bandung. Biaya paket haji plus kuota resmi tanpa antri menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Tentang Busi I_icon_minitimeThu May 10, 2018 10:22 am by riyadiyo

» Produk penjual madu asli online bandung murah. Hubungi WA : 0818-0986-7604. Madu adalah cairan kental yang secara umum mirip dengan sirup dan memiliki rasa yang manis meski ada beberapa jenis madu tertentu yang memiliki rasa asam dan pahit.
Tentang Busi I_icon_minitimeWed May 09, 2018 2:13 pm by riyadiyo

» Herbal madu tawon odeng bandung murah. Hubungi WA : 0818-0986-7604.
Tentang Busi I_icon_minitimeWed May 09, 2018 2:05 pm by riyadiyo

» Info haji. Anak kepala kemenag sulsel berhaji tanpa antre lama menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Tentang Busi I_icon_minitimeSat May 05, 2018 1:08 pm by riyadiyo

» Agen Madu Hitam Pahit Murah Murah
Tentang Busi I_icon_minitimeThu Feb 22, 2018 6:06 pm by riyadiyo

» Distributor Alat Untuk USG Jantung Mindray Dp 10 Doppler
Tentang Busi I_icon_minitimeThu Jan 11, 2018 7:58 am by riyadiyo

» Distributor Alat Kesehatan USG 2 Dimensi Mindray Dp 10 Doppler
Tentang Busi I_icon_minitimeThu Jan 11, 2018 7:56 am by riyadiyo

» USG 2d Di Bandung Mindray Dp 10 Doppler
Tentang Busi I_icon_minitimeTue Jan 09, 2018 8:34 pm by riyadiyo

» USG Baru Mindray Dp 10 Doppler
Tentang Busi I_icon_minitimeTue Jan 09, 2018 5:22 pm by riyadiyo

» Info Harga Alat Bantu Dengar. Jenis Alat Bantu Dengar Dan Harganya. Discount hingga 40 %.
Tentang Busi I_icon_minitimeTue Oct 24, 2017 9:28 am by riyadiyo

» Promo Alat Bantu Dengar Melawai. Pt Abdi Alat Bantu Dengar. Discount hingga 40 %.
Tentang Busi I_icon_minitimeThu Oct 19, 2017 9:57 am by riyadiyo

» Penjual Alat Bantu Dengar Di Bekasi. Penjual Alat Bantu Dengar Di Medan. Discount hingga 40 %.
Tentang Busi I_icon_minitimeThu Oct 19, 2017 9:53 am by riyadiyo

» Toko Alat Bantu Dengar Tangerang. Toko Alat Bantu Pendengaran Bandung. Discount hingga 40 %.
Tentang Busi I_icon_minitimeWed Oct 18, 2017 9:20 am by riyadiyo

» Toko Alat Bantu Dengar Lampung. Toko Alat Bantu Dengar Medan. Toko Alat Bantu Dengar Melawai. Discount hingga 40 %.
Tentang Busi I_icon_minitimeWed Oct 18, 2017 9:06 am by riyadiyo

» Jam Tangan Casio Wanita Ltp. Jam Tangan Casio Wanita Merah. Discount 40%.
Tentang Busi I_icon_minitimeSat Oct 07, 2017 1:35 pm by riyadiyo

» Sale Upstate Ny Gem Car For Sale Az. Car Hauler Trailers For Sale In Amarillo Tx.
Tentang Busi I_icon_minitimeWed Sep 06, 2017 7:47 am by riyadiyo

Kotak Chat

ShoutMix chat widget
Statistik Pengunjung
free counters


 

 Tentang Busi

Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 383
Join date : 19.01.10

Tentang Busi Empty
PostSubyek: Tentang Busi   Tentang Busi I_icon_minitimeWed Jan 20, 2010 4:10 pm

Tipe-Tipe Busi :

- Busi Standart
Busi standar dipakai pada mesin bensin, kendaraan roda-4 (mobil), maupun kendaraan roda-2 (motor) untuk pemakaian sehari—hari

- Busi Resistor
Sistem Kelistrikan pada kendaraan dengan teknologi digital atau elektronik (EFI) dengan arus kecil dengan terganggu dengan pemakaian busi standard,
Gangguan tersebut juga bisa dirasakan pada televisi dan radio akibat interfrensi gelombang

-Busi Platinum (ZU)
Busi platinum dirancang untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk racing. Dengan daya hantar platinum yang lebih baik, menjamin unjuk kerja mesin lebih baik walaupun pada suhu tinggi dan beban berat.
Kebutuhan tegangan busi platinum juga lebih kecil dibanding busi standar sehingga memberikan kemudahan start.

-Busi Iridium
Busi Iridium adalah busi generasi baru dengan ujung elektroda positif berdiameter 0,7 mm untuk pemakaian standar dengan umur pemakaian lebih panjang.
Sedangkan diameter 0,4 mm merupakan yang terkecil didunia dipakai untuk kecepatan tinggi atau balapan.
Bahan ujung inti elektroda yang digunakan adalah campuran Iridium dan Rhodium (Iridium alloy).
Keiistimewaan Busi Iridium antara lain dapat menambah campuran bahan bakar udara yang miskin sehingga meningkatkan performa pembakaran baik pada kondisi idle maupun saat berkendara.
Kebutuhan tegangan juga lebih baik disetiap kondisi, demikian juga dengan daya akselerasinya.

info teknik:

Untuk menghasilkan unjuk kerja busi yang baik, diperlukan pemasangan yang baik pula. Pemasangan busi yang salah dapt merusak busi ataupun mesin.

Prosedure :
- pasang busi menggunakan tangan sampai putaran maksimal
- lanjutkan dengan menggunakan kunci busi sebesar setengan putaran
- bila menggunakan kunci mpment, perhatikan tabel di bawah ini

8 mm 0.8 ~1.0 kg.m
10 mm 1.0~1.2 kg.m
12 mm 1.5~2.0 kg.m
14 mm 2.0~2.5 kg.m
18 mm 3.0~4.0 kg.m

Tingkat Panas Busi

Tingkat panas busi adalah kemampuan busi dalam menyerap & membuang panas.
Menurut tingkat panasnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu Busi Dingin & Busi Panas.
Tingkat panas busi ditunjukan dengan nomor tingkat panasnya.

Kondisi Busi Normal:
-Insulator terlihat coklat atau keabu-abuan. Hanya sedikit terdapat bekas pembakaran yang menutupi electroda-electrodanya.
-Mudah dihidupkan, juga pada putaran mesin tinggi ataupun rendah, mesin bekerja dengan baik.

Kondisi Busi Abnormal:



-KOTORAN OLEH KARBON (CARBON FOULING)
Ciri: Insulator dan elektroda tertutup oleh lapisan serbuk karbon kering berwarna hitam.

Kondisi Mesin: Mesin susah dihidupkan, mesin tidak stabil pada kecepatan rendah. Penambahan kecepatan tidak bekerja lagi, dan terjadi mesin mati.

Penyebabnya:
1. Kesalahan pemakaian nomor tingkat panas busi.
2. Campuran bahan berlebihan (Karburator banjir).
3. Saringan udara tersumbat (kotor)
4. Bahan bakar tidak baik mutunya
5. Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah
6. Cuk tidak pada posisi off
7. Kelambatan pada waktu penyalaan

Solusi:
1. Penggunaan bahan bakar yang baik
2. Diperlukan perbaikan (service).
3. Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)

-KOTORAN OLEH OLI (OIL FOULING)
Ciri: Basah oleh oli yang melapisi permukaan insulator dan elektroda. Kelihatan hitam dan basah.

Kondisi Mesin: Hampir 90% gangguan mesin yang disebabkan oleh busi, dikarenakan kotor oleh endapan karbon (carbon fouling), kotor oleh endapan oli dan kotor oleh endapan timah hitam.

Penyebabnya:
1. Kerusakan pada piston ring (piston ring aus) atau renggangnya klep tidak tepat.
2. Campuran gas bensin dan udara berlebihan (terlalu banyak bensin)
3. Pada mesin 2 tak, campuran oli terlalu banyak/melebihi pemakaian standar.
4. Mesin baru saja turun mesin (overhaul) dimana pada waktu pemasangan bagian mesin menggunakan banyak oli

Solusi:
1. Ganti/perbaiki bagian mesin yang sudah aus/rusak.
2. Stel/bersihkan karburator.
3. Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)
4. Pada mesin 2 tak, stel pompa oli sesuai dengan standar
5. Gunakan Spesifikasi oli mesin yang tepat (sesuai Standar) dan bermutu baik.

-KOTORAN OLEH TIMAH HITAM
Ciri: Insulator berwarna kuning juga coklat

Kondisi Mesin: Mesin terasa tersendat-sendat pada waktu menambah kecepatan (akselerasi) atau pada waktu kecepatan tinggi.

Penyebabnya: Bensin yang bercampur dengan senyawa timah hitam. Bekas pembakaran senyawa ini, menempel pada ujung busi. Bila kendaraan akselerasi atau dengan kecepatan tinggi, senyawa itu akan meleleh sehingga menimbulkan kebocoran listrik dan kegagalan pembakaran.


Solusi:
1. Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)
2. Pergunakan bensin premium
3. Jangan mengemudi dengan kecepatan rendah terlalu lama

-KOTORAN OLEH ENDAPAN (DEPOSIT FOULING)
Ciri: Endapan sisa penbakaran atau kerak busi, banyak menempel pada permukaan insulator dan elektroda busi dengan warna yang bermacam-macam.

Kondisi Mesin: Terasa ada gangguan pembakaran pada waktu menambah kecepatan atau pada waktu kecepatan tinggi.

Penyebabnya:
1. Oli yang dipakai kurang baik mutunya.
2. Saringan udara tidak ada (dilepas).
3. Untuk mesin 4 tak, oli mesin naik ke ruang bakar (piston & piston ring aus).

Solusi:
1. Perbaiki/ganti bagian yang rusak.
2. Perbaiki/ganti saringan udara.
3. Pergunakanlah oli yang bermutu baik dan campuran yang tepat
4. Gunakan Spesifikasi oli mesin yang tepat (sesuai Standar) dan bermutu baik.

-PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING)
Ciri: Bagian insulator berwarna putih pucat dan elektroda-elektrodanya terbakar berwarna keungu-unguan serta terlihat aus. Bila kondisi ini diteruskan, ujung-ujung elektrodanya dapat meleleh.

Kondisi Mesin: Tenaga mesin menjadi hilang dan kecepatan pun berkurang. Hal ini timbul apabila dalam kecepatan tinggi, pendakian yang lama atau dengan muatan yang berat. Bila elektroda busi sudah meleleh, pistonpun dapat menjadi rusak (berlubang).

Penyebabnya:
1. Kekeliruan memilih nomor tingkat panas busi.
2. Waktu penyalaan (ignition timing) terlalu cepat.
3. Sistim pendinginan kurang baik.
4. Campuran gas bensin dan udara terlalu tipis (terlalu banyak udara).

Solusi:
1. Pergunakanlah busi dengan nomor tingkat panas busi (heat range) yang setingkat lebih dingin.
2. Sesuaikanlah waktu pengapian (ignition -> timing).
3. Periksa/perbaiki sistim pendinginan
4. Stel dan bersihkan karburator.

Sumber : http://www.denso.co.id
Kembali Ke Atas Go down
https://diskas.indonesianforum.net
 
Tentang Busi
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tentang Forum Diskas
» Semua Tentang Badai Matahari
» Facebook: Tentang Block List Hacker
» PERINGATAN: Tentang Pemakaian Tas Plastik Kresek
» Pengumuman tentang Komunitas Extra Large Indonesia

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Diskusi Terbuka dan Bebas :: Hobby :: Otomotif :: Berita Otomotif-
Navigasi: