Forum Diskusi Terbuka dan Bebas


 
IndeksPortalFAQPencarianPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Harga mesin sabut kelapa murah. Hubungi 0821-2004-3885
Mon May 28, 2018 4:01 pm by riyadiyo

» Info haji kabupaten bandung. Haji plus non kuota tanpa antrian menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Fri May 11, 2018 2:00 pm by riyadiyo

» Info keberangkatan calon haji 2019. Haji plus haji khusus tanpa antri dengan visa furodamenggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Fri May 11, 2018 1:55 pm by riyadiyo

» Tengkulak daftar madu curah bandung murah. WA : 0818-0986-7604.
Thu May 10, 2018 10:26 am by riyadiyo

» Info haji bandung. Biaya paket haji plus kuota resmi tanpa antri menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Thu May 10, 2018 10:22 am by riyadiyo

» Produk penjual madu asli online bandung murah. Hubungi WA : 0818-0986-7604. Madu adalah cairan kental yang secara umum mirip dengan sirup dan memiliki rasa yang manis meski ada beberapa jenis madu tertentu yang memiliki rasa asam dan pahit.
Wed May 09, 2018 2:13 pm by riyadiyo

» Herbal madu tawon odeng bandung murah. Hubungi WA : 0818-0986-7604.
Wed May 09, 2018 2:05 pm by riyadiyo

» Info haji. Anak kepala kemenag sulsel berhaji tanpa antre lama menggunakan layanan haji furoda non kuota dari perusahaan kami.
Sat May 05, 2018 1:08 pm by riyadiyo

» Agen Madu Hitam Pahit Murah Murah
Thu Feb 22, 2018 6:06 pm by riyadiyo

» Distributor Alat Untuk USG Jantung Mindray Dp 10 Doppler
Thu Jan 11, 2018 7:58 am by riyadiyo

» Distributor Alat Kesehatan USG 2 Dimensi Mindray Dp 10 Doppler
Thu Jan 11, 2018 7:56 am by riyadiyo

» USG 2d Di Bandung Mindray Dp 10 Doppler
Tue Jan 09, 2018 8:34 pm by riyadiyo

» USG Baru Mindray Dp 10 Doppler
Tue Jan 09, 2018 5:22 pm by riyadiyo

» Info Harga Alat Bantu Dengar. Jenis Alat Bantu Dengar Dan Harganya. Discount hingga 40 %.
Tue Oct 24, 2017 9:28 am by riyadiyo

» Promo Alat Bantu Dengar Melawai. Pt Abdi Alat Bantu Dengar. Discount hingga 40 %.
Thu Oct 19, 2017 9:57 am by riyadiyo

» Penjual Alat Bantu Dengar Di Bekasi. Penjual Alat Bantu Dengar Di Medan. Discount hingga 40 %.
Thu Oct 19, 2017 9:53 am by riyadiyo

» Toko Alat Bantu Dengar Tangerang. Toko Alat Bantu Pendengaran Bandung. Discount hingga 40 %.
Wed Oct 18, 2017 9:20 am by riyadiyo

» Toko Alat Bantu Dengar Lampung. Toko Alat Bantu Dengar Medan. Toko Alat Bantu Dengar Melawai. Discount hingga 40 %.
Wed Oct 18, 2017 9:06 am by riyadiyo

» Jam Tangan Casio Wanita Ltp. Jam Tangan Casio Wanita Merah. Discount 40%.
Sat Oct 07, 2017 1:35 pm by riyadiyo

» Sale Upstate Ny Gem Car For Sale Az. Car Hauler Trailers For Sale In Amarillo Tx.
Wed Sep 06, 2017 7:47 am by riyadiyo

Kotak Chat

ShoutMix chat widget
Statistik Pengunjung
free counters


Share | 
 

 Bersukaria dan Berdukaria di Social Media

Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 383
Join date : 19.01.10

PostSubyek: Bersukaria dan Berdukaria di Social Media   Mon Mar 22, 2010 11:53 am

November 6, 2009
Oleh Nukman Luthfie

Semakin banyak pengguna Internet yang bersukaria di social media, semakin berwarnalah Facebook, Twitter, Plurk dan sejenisnya. Semakin berbunga-bunga pula para marketer menggeluti media baru ini lantaran konsumen bersuara bebas di sini, sehingga para marketer lebih mudah mendapatkan customer insight yang selama ini begitu sulitnya didapat. Namun, pada saat yang sama, pihak Human Resource risau, semakin aktif karyawannya di social media, produktivitas karyawan menurun. Demikian pula, pihak Public Relations juga waswas karena kicauan karyawan di Twitter, kegembiraan karyawan memperbarui status di Facebook, tak jarang berpotensi menodai nama baik perusahaan. Social media kini seperti buah simalakama bagi perusahaan.

Contoh mutahir, terjadi kemarin, Kamis, 5 November 2009. Seorang yang mengaku bernama Evan Brimob, melalui Facebook, mengatakan “Polri gak butuh masyarakat, tapi masyarakat butuh Polri, telan hidup2 cicak kecil…” Terlepas soal salah atau benar, pernyataan itu segera menyulut reaksi negatif secara masal. Group-group anti EvanBrimob bermunculan di Facebook. Kecaman keras juga bermunculan di Kaskus. Keriuhan ini kemudian merembet dan menjadi berita di Detik.com. Bahkan, melalui Twitter, Wakil Presiden Boedino bertanya, siapakah EvanBrimob ini.

Sekali lagi, terlepas soal benar/salah, pernyataaannya menimbulkan reaksi negatif, apalagi di saat nama baik Polri sedang dipertaruhkan di tengah kasus yang disebut-sebut sebagai Kriminalisasi KPK. Hanya karena pernyataan seorang anggota Brimob di social media, dampaknya langsung mengenai Polri sebagai institusi.

Sebenarnya, cukup banyak pengguna social media di Indonesia yang bersukaria mengekspresikan dirinya di Facebook dan Twitter, yang tanpa mereka sadari, berpotensi merusak nama baik institusi atau perusahaan tempat mereka bekerja.

Coba perhatikan teman-teman kita di social media yang kadang tanpa sadar mengeluhkan suasana kerja yang brengsek di kantornya, menjelek-jelekkan teman sendiri, dan bahkan bosnya.

Atau, coba baca status teman yang menulis jelek mengenai sebuah produk yang sesungguhnya adalah saingan perusahaannya.

Kadang kita juga membaca status teman di social media mengenai apa yang sedang mereka lakukan berkaitan dengan pekerjaan, padahal jika mengacu pada peraturan perusahaan itu sifatnya rahasia.

Atau bahkan status ringan-ringan yang bisa multipersepsi, misalnya seperti ini: “Buseeettt, gajian belum turun nih, padahal sudah pingin beli sepatu baru“. Bagi yang tahu konteksnya, akan tertawa membaca status itu, dan paham bahwa ia ingin beli sepatu segera, meski tanggal gajian belum tiba. Namun yang tidak paham konteks, dan membaca status itu saat tanggal gajian, akan berpotensi salah persepsi: perusahaan tempat bekerja temannya itu sedang kesulitan likuiditas dan terlambat membayar gaji.

Cukup banyak contoh-contoh status di social media yang niatnya bersukaria namun berpotensi menjadi dukaria, baik buat diri sendiri maupun buat perusahaan.

Dulu, salah satu pepatah yang populer adalah “mulutmu harimaumu”. Kini, di era social media, “Facebookmu, Twittermu, Plurkmu, Blogmu adalah harimau-harimaumu“.

Maka sebelum terlanjur menjadi budaya bebas lepas di social media, pegang teguhlah pada etika-etika, baik itu etika perusahaan, bisnis, maupun sosial tatkala kita bersukaria di social media.

Bagi yang berstatus karyawan, baca baik-baik peraturan dan kode etik perusahaan. Pegang teguh keduanya ketika bersukaria di social media.

Sumber:
http://virtual.co.id/blog/cyberpr/bersukaria-dan-berdukaria-di-social-media/

_________________
Terimakasih atas kunjungan Anda ke forum ini, jangan lupa mampir ke postingan lainnya juga ya... Jika Anda berkenan silahkan Anda meninggalkan komentar, berdiskusi dengan sesama diskasers atau sekedar memposting artikel2 menarik di forum ini....

Selamat Berdiskusi... btw ingat no SARA...
Kembali Ke Atas Go down
http://diskas.indonesianforum.net
 
Bersukaria dan Berdukaria di Social Media
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Diskusi Terbuka dan Bebas :: Berbagi Ilmu :: Pojok Humas-
Navigasi: